Geram, Akhirnya Menteri Sosial Angkat Bicara dan Sesalkan Pernikahan Seorang Remaja dan Nenek!

111-0f4ef4456121a5fee67d589af4936c9d.jpg

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengaku menyesal atas terjadinya pernikahan antara remaja usia 16 tahun bernama Selamat Riyadi dengan seorang nenek berumur 71 tahun dari Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Pernikahan keduanya sangat viral dalam beberapa hari terakhir.

Khofifah kecewa pernikahan itu bisa terjadi sebab secara usia, Selamat belum memenuhi persyaratan yang diizinkan oleh negara. Maka, Khofifah tak heran ketika mengetahui pernikahan antara remaja dan nenek tersebut tak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA).

“Setelah dicek oleh tim dari Kementerian Sosial ternyata mereka menikah di bawah tangan sehingga dipastikan tidak memiliki buku nikah. Sesuai dengan perkiraan awal saya karena kalau menikah melalui Kantor Urusan Agama jelas tidak mungkin karena mempelai prianya masih di bawah umur,” tegas Khofifah, seperti dikutip dari Liputan 6.

Menurut undang-undang, mempelai laki-laki wajib berusia minimal 19 tahun.

antarafoto-raker-rkakl-kemensos-130617-pus-3-1499244542-24877-48c8fa4ead55e5e771cd52df0942eaae.jpg

Selamat dan Rohaya membuat sebuah surat pernyataan mengenai pernikahan mereka yang ternyata dilakukan secara siri. Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) langsung mendatangi tempat tinggal pasangan tersebut guna mencari tahu kebenarannya.

Khofifah menggarisbawahi bahwa menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, seorang mempelai laki-laki harus berusia minimal 19 tahun, sementara perempuan wajib berusia minimal 16 tahun. Ia juga mempersoalkan para saksi pernikahan Selamat dan Rohaya.

“Dalam UU Perkawinan juga disebutkan bahwa pegawai pencatat pernikahan tidak diperbolehkan melangsungkan atau membantu melangsungkan perkawinan bila ia mengetahui antara lain adanya pelanggaran dari ketentuan batas umur minimum pernikahan,” ujar Khofifah.

Artikel Populer:

Sorry, this feed is currently unavailable or does not exists anymore.